Selasa, 09 Agustus 2016

Faber Castell-Teman Baru Kreatif Blogger





Ah, hari yang menyenangkan. Alhamdulillah. Siang itu aku menghadiri undangan workshop berkreasi menggunakan dua jenis produk Faber Castell. Yaitu Marker Pen Faber Castell dan Connector Pen Faber Castell. Dan acara itu bertepatan dengan pameran seni Faber Castell “KREATIVITAS TANPA BATAS” yang di helat di Kemang Village Lippo Mall di bilangan Kemang. Acara dimulai sekitar pukul 1 siang. Aku kebetulan berangkat bareng sama mak Deasy Maslianita Burhan, emak blogger cancer survivor yang jago masak dan fotografi.

 
PARA EMAK BLOGGER


Setelah daftar ulang dan bertemu beberapa teman blogger yang lain, segera kami cari tempat duduk. Tak lama kami dibagikan sebuah amplop besar yang menggembung. Setelah dibuka, taraa…. Isinya satu set Connector Pen Faber Castell warna warni dan Permanent Creative Marker Pen Faber Castell.

 
IKUTAN NARSIS BARENG MUG

Acara workshop bertagar #NgeblogKreatif ini dimulai dengan dibolehkan.. emm.. wajib selfi karena kalo nggak selfi rugi (soale dapet hadiah… xixixi)- dengan produk Faber Castell. Dan nantinya juga selfi dengan hasil kreasi dengan produk Faber Castell.



Kemudian mbak Yayuk dan setelahnya mas Rizal- yang udah melanglang buana memberikan workshop sampai ke luar negeri (hebat euyy.. kita dapet ilmu dari orang hebat. Alhamdulillah…)- mengajarkan beberapa teknik Pewarnaan. 


Teknik-teknik pewarnaan tersebut antara lain :


Teknik Pointilism.

Teknik ini menggunakan titik-titik untuk mewarnai sebuah bidang gambar. Titik-titik yang digunakan bisa satu warna dengan kerapatan yang berbeda untuk menunjukkan gradasi. Semakin rapat titik-titik, semakin terkesan gelap. Semakin renggang, semakin terkesan terang. Teknik pointillism ini juga bisa di padukan dengan warna lain yang bergradasi lebih terang atau kearah lebih gelap, dengan kerapatan yang sama. Bisa juga diaplikasikan dengan random atau acak berbaur dengan warna lain.




Teknik shading

Teknik ini menimpa warna yang lebih terang, ke warna yang lebih gelap. Penggunaan atau pengaplikasian warna yang terang terlebih dahulu ke sebuah media, baru kemudian warna yang lebih gelap di timpakan di atas warna yang lebih terang tadi, tapi tidak menutup semua warna terang agar terlihat gradasi warna yang bertujuan membuat gambar lebih berdimensi.




Teknik Contouring

Teknik mengisi bidang gambar dengan mengikuti bentuk terluar sebuah gambar. Teknik ini dilakukan garis bentuk gambar kearah dalam bisa dengan satu warna, bisa dengan warna yang bergradasi yang hampir serupa dengan warna gambar terluarnya. Bisa juga dengan warna bebas yang bercampur dengan warna lainnya. Atau berselang seling dengan warna complementernya, boleh juga dengan warna yang analogousnya.

Warna complementer sendiri adalah warna yang berseberangan dengan warna yang lainnya di colorwheel chart.*cek gambar grafis

Warna analogous sendiri adalah, warna yang masih satu gradasi. Semisal hijau muda-hijau tua-hijau lumut. Merah tua- merah jambu- merah maroon dll.




Teknik Paterning

Teknik ini menggunakan pola atau motif yang berulang. Secara tradisional biasa kita temui pada batik. Bentuknya bisa berupa lengkungan serupa sisik yang berulang, atau bulatan mirip bentuk obat nyamuk, dan sebagainya.




Teknik Mosaic

Teknik ini dengan membuat mosaic dengan bentuk yang berulang. Missal bentuk segi tiga, segi lima, atau segi enam berulang, yang kemudian diisi dengan warna baik secara gradasi atau secara acak.




Teknik Squiggling

Teknik ini seperti membuat benang kusut/mie keriting/kabel telpon. Teknik Squiggling ini, bisa dilakukan baik secara teratur, maupun secara acak atau random. Untuk memberikan efek 3 dimensi, pengaplikasian teknik ini bisa me-squiggling dengan warna yang terang kemudian ke warna yang gelap, atau squiggling yang makin rapat untuk efek warna lebih gelap. menuju making renggang untuk efek warna lebih terang.


Teknik-teknik di atas, selain artistik, juga jadi lebih hemat dalam pemakaian alat gambar. Ajarkan pada anak-anak teknik ini, insyaallah anak-anak lebih hemat. xixixi...

Setelah kami belajar teknik-teknik pewarnaan, kemudian kami diperkenalkan pada produk-produk Faber Castell: 


Permanent Creative Marker Faber Castell... OMG aku suka!!! Permanent Creative Marker ini bisa diaplikasikan di berbagai media gambar :


Keramik, mau buat piring keramik hias sendiri, atau mangkuk biru ala-ala disnasti cina yang mahal, bisa! Asal kreatif aja buatnya. Mau bikin mug custom sesuai soul yang keche tiada tanding, bisa juga. 


Kain, mau kain kaos, katun, atau kanvas, bisa! Untuk menghias sepatu kets putih custom sesuai selera kita sendiri. Mau bikin gambar kartun, atau doodling atau apapun juga dengan teknik suka-suka, bisa. Atau mau menghias tas belanjaan yang kita buat sendiri dari kain bekas bungkus terigu, nggak kalah cantik dong. Dari pada belanja pakai kantong plastic kresek. Cintai bumi cyin. Media lain, mau hias topi kain polos berubah jadi cakep to the max, tempat pensil kain, atau bahkan kanvas lukis untuk hiasan dinding. Boneka kain.

Helmet. Helmet? Iya… helmet. Pengaman kepala kita saat berkendara roda dua. Atau roda empat buat touring. :D. bisa lho… mana hasilnya juga bisa keren. 


Patung clay. Bikin hiasan dari clay , lalu setelah kering kita bisa warnai.

Plastic. Plastic apa aja. Tumbler minum, pencil case, tempat makan, dan sebagainya.

Gelas/kaca. Mau bikin gelas makin cantik dengan lukisan sendiri, bisa, bikin gelas  dengan teknik mosaic ala-ala kaca patri, bisa. Bahkan gelas bohlam lampu juga bisa makin heboh digambar dengan Permanent Creative Marker pen ini.

Silicon. Bikin makin cantik case handphone dengan custom gambar pribadi. Nggak ada yg nyaingin.

Kayu. Mempercantik frame foto, atau membuat hiasan dinding dari talenan, spatula, atau centong kayu. Hayukk aja.



Kebayang, kan? Betapa bejibunnya hasil kreativitas kita dengan Permanent Creative Marker pen dari Faber Castell ini. Pokoknya, aku sih Yes ya.



Connector Pen Faber Castell .Produk Faber Castell yang kedua ini tersedia dalam 100 gradasi warna!!*sumber : connector pen-wikipedia

Kebayang kan, kreativitas warna seperti apa dengan varian warna segitu banyak. Nah, bagusnya lagi nih, si Connector Pen Faber Castell ini mudah dibersihkan. Bila anak-anak menggunakannya, trus nggak sengaja kena baju, atau kulit, Connector Pen ini mudah dibasuh dengan air untuk membersihkannya. Dan bagusnya lagi, Connector Pen Faber Castell ini tintanya kurang lebih terbuat dari air dan food coloring. Bila balita yang lagi belajar menggambar terkadang mengemut tinta di mulut, jangan khawatir, bebas racun. Tapi ya tetep, bagusnya jangan masuk mulut ya… xixixi.. nih ya. Sangking amannya si tinta Connector Pen pernah lho diminum sama bos Faber Castell. Wow… xixixi…



Udah gitu ya… pen, dan tutupnya itu bisa saling terkoneksi antara satu pen dengan pen yang lain. Jadi nggak mudah ilang. Dan kerennya lagi, Connector Pen ini bisa untuk membuat kreativitas lain berupa rancang bangun tiga dimensi. Bisa kolaborasi dengan gambar yang telah kita buat, dan warnai menjadi kupu-kupu, roket, burung, apa saja. Gali kreativitasmu. Bisa juga dengan menggabungkan banyak Connector Pen menjadi mobil, kapal layar, excavator, pesawat terbang, apa saja!  Bener-bener wow. Bener-bener kreativitas tanpa batas.



Ah, saya memang sudah jatuh hati sedari saya masih kecil dengan produk Faber Castell. Saya mengenal pertama kali pada produk pensil warnanya. Kemudia Water Color Pencil yang mengubah goresan warna pensil warna seperti hasil lukisan cat air, saat kita sapukan kuas yang telah dicelup air pada hasil pewarnaan pensil warna Faber Castell.

Apalagi pas lihat pameran seni rupa Faber Castell “Kreativitas Tanpa Batas”. Berbagai macam benda seni, baik seni instalasi  bentuk kapal menggunakan Connector Pen, gaun dari pensil Faber Castell, patung dada menggunakan pensil Faber Castell, juga lukisan-lukisan beraneka gambar baik yang dilukis oleh orang dewasa maupun anak-anak yang dihasilkan dengan pewarna dari produk Faber Castell.

Pameran ini juga menunjukkan hasil-hasil karya dengan menggunakan produk Permanent Creative Marker Faber Castell.







Ah… bahagianya saya. Juga kedua anak saya yang kebetulan ikut serta saya ajak. Mereka dengan riang mewarnai dengan Connector Pen, juga menyusunnya membentuk rancang bangun sesuai imajinasi mereka. Pulang membawa aneka warna Connector Pen juga. alhamdulillah.


Yang jelas, for the next nih, saya bisa mempercantik tampilan foto pelengkap blog saya dengan Connector Pen dan Permanent Creative Marker Faber Castell. entah dengan mempatern sendiri mangkuk atau piring saji, gelas dilukis, kertas di warnai connector pen untuk di tempet di ujung atas food picker, atau memberi motif napkin yang polos sesuai selera, untuk foto resep masakan. tentu saya dengan budget yang murah meriah.

Plus... bisa bikin laman baru dengan judul art and craft. asyikkk... insyaallah...
Dan tambahan lagi nih yang asik. pas aku share foto hasil doodling-an diatas keramik tuh, beberapa temen jadi pesen custom mug buat aku doodling. alhamdulillah... love deh pokona mah. xoxo

 






Jumat, 05 Agustus 2016

Sup Bola Daging Bolognese



Sup ini rasanya hampir mirip deh sama Chili Con Carne di Wendy's. aku suka banget. Tapi versi aku ini lebih encer nggak sekental chili waralaba itu. bisa sih di kentalkan dengan memasak lebih lama, tapi anakku suka versi ini. Buatnya mudah. tapi nggak pake chili pappers. ini dia ....

Bahan-bahan :
Bola daging :
600 gr daging sapi cincang
1 butir bawang bombay ukuran sedang cincang kasar
2 butir telur ayam ukuran besar
1 sendok teh garlic powder (mo pakai cincangan bawang putih juga gak apa)
+/- 1/2 sdt merica bubuk
1/2-1 sdt garam to taste
1 sdt gula pasir
4 sdm bread crumbs

Soup :
200 gr kacang merah
1 buah bawang bombay cincang kasar
1 tangkai daun bawang cincang kasar
2 tangkai seledri cincang kasar
1 buah wortel besar iris2 bulat
brokoli 1 kuntum besar potong per kuntum
saus bolognese 250 gram (kalo nggak bikin sendiri ya boleh beli)
merica, gula, garam, daun salam.  bawang putih 4 siung cincang.
air kaldu kurleb 1 liter kalo airnya nyusut tambahin air kaldu lagi. hehehe...

cara buat :
Bola daging.
campur semua bahan bola daging hingga merata. pulung bulat2 sebesar kelereng besar lalu goreng hingga matang. sisihkan.

soup :
Rebus kacang merah dengan air kaldu sapi/tulang sapi hingga lunak bersama wortel, daun bawang, seledri, bawang bombay, bawang putih cincang. masukkan brocolli, masak hingga matang. kalo airnya nyusut tambahin air kaldu.

Masukkan saus bolognese, aduk rata. masukkan bola daging, aduk rata. tambahkan gula garam merica, cicipi. jika perlu koreksi rasa. masak hingga mendidih, matikan api. sajikan. yumm...

Keen kalau dimasakin ini doyan banget maemnya.. hehehe... mari yukk.. dicoba.







Kamis, 04 Agustus 2016

Stress Pada Bayi Dalam Kandungan





sesi foto bersama di akhir acara. eh.. keen kamu dipangku tante Stella... xixixi


Bayiku ini udah balita. langsung action.
Oleh-oleh nih dari acara di Igor’s Pastry CafĂ© kemarin. Acara keren deh. Pengetahuan banget buat para ibu dan calon ibu. Judul acaranya “Precious Moment- Kenali Stress pada Bayi dalam Kandungan.”Sebelum acara dimulai, ibu-ibu pada bersemangat untuk sesi foto di photo booth. pada semangat baik selfie, groufie, wefie, baik dengan ibu-ibu, maupun dengan anak-anak. nggak ketinggalan dong... anak balita saya Keen. gayanyaaa.. minta ampun deh. centil. sampe-sampe hampir jatuh. xixixi...



sweety photo booth
Acara dibuka dengan segar oleh MC cantik, mbak Amy. Kemudian dilanjut sambutan dari mbak Sandra Ratnasari Editor in Chief Mother&Baby Indonesia. Kemudian disusul sambutan oleh mbak Stella, dari Sweety. 


Kemudian kami mulai masuk ke sesi talk show DR. Dr. H. Taufik Jamaan, SpOG. Yang lulusan FKUI Jakarta, menjelaskan mengenai stress pada bayi dlm kandungan. Dr obsgyn RS Bunda Jakarta dan RS Hermina ini juga menjelaskan,  Stress pada seorang ibu hamil mempengaruhi tumbuh kembang janin dlm kandungan.



Sebuah kehamilan, bertujuan untuk mencapai hasil optimal pada ibu dan bayi. Hamil yang diinginkan tentu kehamilan yang aman dan nyaman (safe motherhood). Dan kehamilan yang seperti itu tentu didukung dengan adanya happy parenting (ibu dan ayah serta keluarga lain bahagia.)

 
Dr.dr. H Taufik Jamaan SpOg menyampaikan materi talk show.

Stress pada janin? Apakah mungkin? Pertanyaan ini juga timbul pada diri saya yang pertama melihat judul acara ini. Dan menurut pemaparan dr. Taufik, ternyata stress itu bukan Cuma dialami oleh orang dewasa atau kita yang telah ada di dunia ini. Bahkan bayi yang masih dalam kandungan juga bisa mengalami stress.



Apakah stress  pada janin itu?

Janin stress adalah kondisi dimana bayi merasa ada ancaman untuk kehidupannya di dalam kandungan. Bisa diindikasikan berupa gangguan aliran darah dari ibu ke janin atau gangguan asupan kalori dari ibu ke janin.



Seperti sih ciri-ciri dan bagai mana mendeteksi janin yang stress?

Stress pada janin lebih mudah dideteksi atau diketahui ciri-cirinya saat memasuki trimester ke 2-3. Pada trimester pertama, masih sulit diketahui.  Salah satunya dengan mengetahui frekuansi denyut jantung dan juga gerakan pada bayi. Bayi yang stress diindikasikan dengan frekuensi detak jantung yang menurun. Juga pada gerakan yang tak semestinya, seperti jarang bergerak atau gerakan yang terlalu banyak yang menandakan kurang nyaman.
hasil USG 2D



Deteksi janin stress bisa juga diketahui dari:

-       USG atau ultrasonografi. adalah pemeriksaan dalam bidang penunjang diagnostic yang memanfaatkan gelombang ultrasonik dengan frekuensi yang tinggi dalam menghasilkan imajing, tanpa menggunakan radiasi, tidak menimbulkan rasa sakit (non traumatic), tidak menimbulkan efek samping (non invasif).*Wikipedia

-       CTG atau cardiotocography adalah teknik yang bertujuan untuk merekam irama jantung janin dan kontraksi uterine selama kehamilan menggunakan mesin cardiotocograph,  yang sebutan umum lainnya adalah electronic fetal monitor (EFM)

-      dengan kurva pertumbuhan janin.



Faktor-faktor yang membuat janin stress antara lain:

  • Kondisi ibu yang anemia. Ibu yang anemia bisa mengakibatkan berat badan bayi yang kurang.
  • Ibu yang demam, juga mengakibatkan bayi stress karena tidak nyaman.
  • Air ketuban yang kurang, akibat dari ibu yang dehidrasi atau penyebab lain. Beberapa penyebab lain oleh dokter kemungkinan akan ditangani dengan penambahan  cairan ketuban   atau Amnioinfusion. Amnio-infusion  adalah      suatu tindakan memasukkan cairan kristaloid kedalam rongga amnion untuk menggantikan cairan   amnion   yang  berkurang    atau sudah    tidak    ada.* https://www.scribd.com/doc/125979649/Amnio-Infusion
  • Ibu stress/depresi.
  • Proses persalinan yang lama
  • Oksigen yang berkurang
  • Kondisi ibu yang tengah sakit
  • Terlilit tali pusat dan lainnya.



Mengapa ibu yang tengah stress bisa mengakibatkan janin yang juga stress?

 
Faktor internal. Pada dasarnya, bayi itu hanya merasakan apa yang dirasakan dan dilakukan oleh ibunya. Karena stress yang mengakibatkan perubahan hormone itu ikut masuk ke dalam plasenta dan mempengaruhi janin.



Bahkan ibu yang mengalami stress selama masa kehamilannya, bayi dalam kandungan pun dapat berekspresi seperti orang berpikir/memegang kepalanya.





Faktor eksternal. Selain faktor internal seperti kondisi sakit atau perubahan hormone, ibu hamil yang mengalami stress juga di pengaruhi karena kondisi eksternal. Misalnya karena beban kerja, entah pekerjaan di kantor atau kerjaan rumah, macet saat di perjalanan, dan persiapan kebutuhan bayi yang belum juga terpenuhi.






Efek dari stress ibu terhadap janin apa saja?

  • Denyut jantung dan frekuensi gerak bayi berkurang/atau lebih cepat.
  • Kelahiran bayu premature/kurang berat badan karena kontraksi
  • Kerusakan pada organ bayi saat bayi lahir/cacat tulang belakang
  • Resiko autism pada anak lebih tinggi
  • Janin mengeluarkan meconium (kotoran janin) yang dapat mengotori air ketuban, menyumbat pernafasan serta menyebabkan infeksi ibu dan janin
  • Kematian pada janin/anak yang baru dilahirkan*  Christine Dunkel Schetter and Lynlee Tanner “Anxiety, depression and stress in pregnancy: implications for mothers, children, research, and practice.” Current opinion in psychiatry 25.2 (2012):141-148. PMC.web.28 July 2016


Apabila sudah pada tahap stress akut dan bayi dalam kandungan ikut merasakannya, bisa menyebabkan kematian pada bayi dalam kandungan. Janin yang stress mengalami kekurangan asupan oksigen dan membuat otot di bagian anus  melemas. Lemasnya otot anus ini menyebabkan terbukanya jalan kotoran dan akan mengotori air ketuban. Air ketuban yang kotor akan meracuni bayi dalam kandungan.



Cara menjaga kehamilan agar tetap sehat dari kemenkes

  • Memeriksakan kehamilan secara rutin minimal 4x dengan minimal 1x ditemani pasangan atau anggota keluarga lain.* lihat grafik di bawah.
  • Para moms dianjurkan memeriksakan diri ke dokter minimal 1x untuk deteksi kelainan medis secara umum.
  • Simpanlah buku KIA (kesehatan ibu dan anak) yang digunakan untuk memantau kehamilan
  • Minumlah vitamin dari dokter atau bidan secara rutin
  • Menjaga kebersihan tubuh dan memastikan bagian kemaluan tetap bersih dan kering
  • Meningkatkan konsumsi makanan hingga 300 kalori/hari dari menu seimbang
  • Latihan fisik normal tidak berlebihan. Beristirahat jika lelah.



Yang perlu diingat pada peningkatan konsumsi makanan adalah tetap terkendali agar berat badan ibu hamil tidak meningkat secara drastis. Pastikan makan makanan sedikit namun sering. (Small frequent). Peningkatan berat badan ibu hamil secara drastis juga tidak baik. Maksimal adalah 2 kilogram per bulan. Peningkatan yang drastis, memicu tekanan darah tinggi dan bisa berakibat preklampsia. Selain itu juga memicu terjadinya pembengkakan pada kaki atau endema.





Cara mengatasi stress pada ibu hamil adalah,

  • ·         Selalu berpikir positif dan bergembira selama kehamilan
  • ·         Memastikan asupan yang baik dan bergizi untuk janinnya
  • ·         Mengatur pola makan dan olahraga supaya seimbang
  • ·         Sering berkomunikasi dengan suami dan keluarga
  • ·         Dukungan dari suami dan lingkungan terdekat sehingga memicu hormone baik
  • ·         Relaksasi dan melakukan hal yang membuat ibu senang



Dengan pengelolaan tingkat stress oleh ibu, kondisi bayi pun akan baik dan ketika waktunya tiba, dia akan siap untuk dilahirkan. 
Beberapa hal yang dipersiapkan menjelang kelahiran :

  • ·         Mempersiapkan mental menuju kelahiran
  • ·         Rutin berkomunikasi dengan dr. obsgyn.
  • ·         Rencanakan melahirkan ditolong oleh dokter atau bidan di fasilitas kesehatan
  • ·         Mempersiapkan peralatan yang dibawa ke rumah sakit baik untuk ibu/bayi





Menyiapkan peralatan apa saja yang harus dibawa ke rumah sakit. Hal ini juga perlu dipersiapkan jauh-jauh hari menjelang kelahiran. Siapkan dalam satu tas yang bisa langsung di bawa. Antara lain adalah :

Perlengkapan ibu :

  • ·         Peralatan mandi
  • ·         Bra menyusui
  • ·         Pembalut post natal/pembalut nifas
  • ·         Baju kancing depan dan celana yang nyaman
  • ·         Obat-obatan pribadi



Perlengkapan bayi :

  • ·         Pakaian dalam
  • ·         Pakaian bersih
  • ·         Aksesoris seperti kaus kaki atau kaus tangan atau topi
  • ·         Selimut
  • ·         Kain bersih
  • ·         Popok bayi new born size
  •  

O.. iya. Kalau versi aku ada di sini nih : http://dongeng-naura.blogspot.co.id/2013/04/new-born-needs.html



Pemilihan popok bayi yang baru lahir terutama bila ortu memutuskan memakai pospak alias diapers, berikut ini adalah tips memilih pospak untuk new born baby, karena frekuensi BAB new born yang masih sering :

  • Penggunaan bahan yang tepat/tidak mengandung plastic
  • Memiliki bahan penyerap (absorbent material) yang baik/berdaya serap tinggi
  • Bahan popok harus lembut agar selalu nyaman
  • Memiliki perekat yang tidak mudah robek untuk menautkan sisi-sisi pospak
  • Sudah memiliki pengujian klinis dan di approved oleh ahli.
 
Popok nyaman berkualitas terbukti secara klinis oleh Australian Dermatologist


Sweety Comfort Gold dan Sweety Gold Pants. Memenuhi kriteria pospak yang baik seperti di atas.



Produk local Indonesia ini, meski local namun berkualitas internasional. Pospak atau diapers ini telah teruji secara klinis dan telah tersertifikasi oleh australian dermatologies. 

Apa saja sih kelebihan Sweety Comfort Gold dan Sweety Gold Pants?
Sweety Comfort Gold :
  •  
  • Popok ini memiliki  Diamond Layer technology. lapisan berbentuk berlian membuat popok tetap kering karena cepat menyerap dan terdistribusi merata.
  • Soft breathable cottony care. lapisannya lembut, seperti popok kain. 
  • Soft-Magic tape. perekat lembut yang dapat merekat berulang-ulang
  • Soft Strachable waistband. lembut dan mudah mengembang. elastiknya tidak menyakiti kulit bayi..
  • 360o leak-guard protection. Sehingga pipis tidak bocor ke samping.
  • Natural aloe vera protection.  Melindungi dari kekeringan dan iritasi.
  • Slim comfort. bentuknya rapi, nggak ngeganjel paha bayi. bayi lebih leluasa bergerak.


  Sweety Gold Pants :

  • Popok celana ini memiliki  Diamond Layer technology. lapisan berbentuk berlian membuat popok tetap kering karena cepat menyerap dan terdistribusi merata.
  • Extreme Softness. Berbahan sangat  lembut, nyaman untuk anak-anak. 
  • Overnight pants. Berdaya serap maksimum, sehingga anak-anak tidur nyenyak.
  • Soft Strachable waistband. lembut dan mudah mengembang. elastiknya tidak menyakiti kulit anak-anak..
  • 360o leak-guard protection. Sehingga pipis tidak bocor ke samping.
  • Natural aloe vera protection.  Melindungi dari kekeringan dan iritasi.
  • Disposible tape, mempermudah menggulung popok celana bekas pakai, tak perlu kantong plastik lagi saat membuang.
  • Wetness indicator. indikator kebasahan. jalur garis kuning ditengah-tengah popok celana yg berubah kehijauan saat popok telah penuh menampung cairan. jadi memudahkan pengecekan tanpa harus meraba atau melihat ke permukaan popok.





Popok Sweety Comfort Gold dan Sweety Gold Pants, mudah terdegradasi secara natural di alam.

Di acara ini juga berbagi pengetahuan tentang cara relaksasi mandiri bagi ibu hamil. Sharing disampaikan oleh mbak Wulan yang telah berpengalaman selama 10 tahun di Mom and Jo.

Telunjuk tengah manis.(TTM) mulai dari dahi dr tengah ke arah samping bawah. Sblmnya tarik nafas dalam dari hidung keluar lewat mulut. Bagian dagu juga ttm setengah saja kemudian tarik ke arah pipi ke atas menggunakan telapan tangan semua jari dr pangkal leher lalu ke arah bahu pangkal lengan.diusap. kemudian ditepuk-tepuk

mbak Wulan berbagi cara massage
Dr tengah dada di pijat berputar kecil small circle dari tengah dada ke arah luar dekat pangkal lengan

Bagian perut. Tidak boleh mutar posisi bayi.Untuk memutar cm bersujud aja. untuk kondisi perut kembung pada bayi :

Arah i love u. I di sebelah kiri. Hapus2 perut searah jarum jam I turun ke bawah. Lalu  I perut sebelah kiri atas turun ke atas. Lalu L perut kanan atas ke arah kiri atas lalu turun kiri bawah. U kanan bawah..kanan atas. Kiii atas ke kiri bawah


Untuk penanganan Kramp ibu hamil secara mandiri.Siapkan kain panjang di kasur. Untuk di letakkan telapak kaki. Lalu ujung kain2nya ditarik dgn tangan pelan2 ke arah badan.

Acara disambung dengan sharing pengalaman dari Titi Kamal saat merawat baby Arjuna. Pengalaman Titi saat memakai popok sweety gold. 

Kemudian acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh dr. Taufik, Titi Kamal dan mbak Stella. Setelahnya, diumumkan siapa-siapa yang dari peserta talkshow dengan kategori best dress, best tweets, best selfie wefie di photo booth yang di share di instagram.


Acara ditutup dengan sesi foto bersama, makan siang dan pembagian goodybag bernuansa gold.

goody bag cantik